Oleh: kristio | Desember 2, 2006

KONSEP BIODIVERSITAS DALAM PEMBELAJARAN SAIN DENGAN PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES

Memahami konsep biodiversitas bagi siswa di tingkat SMU perlu ditekankan pada kontekstualitas permasalahan dilingkungan sekitar. Peran mereka sebagai kelompok usia produktif dan terdidik, sangat diharapkan mampu memebrikan sumbangan yang cukup berarti dalam rangka program pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia.

Materi biodiversitas dalam kerangka pembvelajaran Sains di sekolah-sekolah kita masih dijejali dengan konsep-konsep dan contoh-contoh yang tidak bisa dipahami siswa dan yang tidak pernah dilihat oleh siswa sehari-hari. Maka membuat pembelajaran semakin mkontekstual merupakan salah satu tuntutan dalam pembelajaran sains. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan oleh para guuru dalam pembelajaran sains adalah pendekatan proses. Pendekatan ini lebih menekankan pada memberikan pengalamn nyata bagi siswa untuk memahami lingkungan sekitarnya.

tertarik mengenai topik ini, artikel lengkap dapat di- klik disini

Iklan

Responses

  1. saya memerlukan refrensi tentang pendekatan ketrampilan proses

  2. saya ingin keterangan tentang pelaksanaan pendekatan ketrampilan proses di Indonesia

  3. konsep biodiversitas jangan hanya jadi impian indah semata bahwa indonesia kaya dengan biodiversitasnya tapi sudah mulai melindungi dan mencatatkan sebagai kekayaan genetik lokal indonesia yang harus dimulai sekarang bukan mengandalkan hibah bantuan asing sehingga hak cipta dipegang oleh pemberi hibah dana baik lewat lsm maupun ngo afiliasi pemerintah asing

  4. Pembelajaran lingkungan hidup ini lebih diarahkan pada pembelajaran kontekstual yang mengarahkan pada suatu proses pendidikan yang holistic dengan tujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengkaitkan materi tersebut terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural). Sehingga siswa memiliki pengetahuan/keterampilan yang secara fleksibel dapat diterapkan (ditransfer) dari satu permasalahan/konteks ke permasalahan/konteks lainnya.
    Strategi pembelajaran yang digunakan adalah Problem-Based Learning, yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar melalui berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah dalam rangka memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran. Juga strategi, Authentic Instruction, yaitu pendekatan pengajaran yang memperkenankan siswa untuk mempelajari konteks bermakna melalui pengembangan keterampilan berpikir dan pemecahan masalah yang penting di dalam konteks kehidupan nyata.

  5. pendekatan ketrampilan proses seperti apa implementasi nyatanya dalam pembelajaran? tolong sumber bacaan untuk pendekatan ketrampilan proses.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: